Wednesday 10 June 2015

#22 My Precious


Dulu, saya seringkali merasa iri dengan teman-teman yang mendapat peringkat di kelas lalu dihadiahi ponsel, atau masuk kuliah lalu diberi mobil oleh orang tuanya. Kalau saya tanya ke mereka, jawabannya, "Iya dikasih Papa, soalnya dia seneng banget aku dapet ranking." Sedangkan saya, jangankan diberi, mau minta saja mikir dulu.

Saya sempat beberapa kali cukup berprestasi di kelas, tapi sepertinya kok tidak diberi gadget-gadget terbaru seperti ponsel, laptop, kamera, dan sebagainya. Ketika saya keterima di UGM juga tidak ada perubahan yang signifikan pada barang-barang saya. Lalu jadi kepikiran, apa Papa Mama tuh nggak bangga, ya, punya anak seperti saya? Kalo senang dan bangga, kok saya tidak diberi apa-apa???" Kalau saya berprestasi, mereka cuma senyum/peluk dan bilang, "Selamat, ya." Udah.

Tapi, kemudian saya sadar...
Kalau saya main ke kantor Mama, teman-teman kantornya pasti bilang, "Aduh, ini Sela yang aksel, ya? Masih muda udah kuliah, dong."
Kalau lagi jalan sama Papa lalu bertemu temannya, beliau mengenalkan dengan, "Ini anak saya yang tengah, sekarang di UGM ambil Komunikasi."
Demikian juga kalau ke kampung halaman Papa di Kebumen, bahkan tetangga-tetangga eyang saya tahu prestasi saya yang sebenarnya belum seberapa.

Artinya?
Yap. Mama cerita ke teman-temannya tentang saya. Papa cerita ke Mbah Kakung tentang saya. Orang tua saya banggain saya di depan orang lain, padahal saya hanya begini.

Mungkin masuk aksel gampang, semua orang bisa, tapi saya tau orang tua saya bangga.
Mungkin masuk UGM gampang, cuma Ilmu Komunikasi, semua orang bisa, tapi saya sadar orang tua saya bangga.
Mungkin cara setiap orang mengekspresikan kebanggaan tersebut berbeda.
Mungkin saya tidak mendapat ponsel, laptop, atau barang-barang canggih lainnya. Tapi, saya mendapatkan senyum mereka.

And you know what?
Their smiles... It's priceless.
And I'm really grateful for what I've got.

1 comment:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Terkadang yang benar-benar berharga adalah hal-hal yang tidak bisa dibeli. :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete