Thursday 4 June 2015

#16 Jatuh Tujuh Kali, Bangkit Delapan Kali

Ada sebuah tulisan terjemahan peribahasa dari Jepang, kira-kira begini bunyinya:

"Jatuh tujuh kali, bangkit delapan kali."

Kalimat sederhana, tetapi, ketika membacanya, saya merasakan nilai yang luar biasa. Itu merupakan dukungan dan semangat untuk selalu bangkit dari kegagalan. Entah berapa banyak kita dikalahkan oleh kegagalan, kita tetap harus menang melawannya. Kita bisa gagal dalam sebuah hasil atau perkara, tetapi, kita tak boleh gagal dalam melakukan perjuangan.

Selain itu, saya sadari bahwa tiap orang sangat benci dan takut akan kegagalan. Hal itu dekat sekali dengan yang namanya kewaspadaan tinggi terhadap sesuatu. Terlebih lagi, ketika kita sudah nyaman pada suatu hal, kita cenderung untuk tetap selalu melakukannya. Kita takut berubah, karena kita takut, perubahan tersebut dapat memicu sebuah kegagalan. Terlalu nyaman pada suatu titik, sampai kita tidak bisa melihat titik lain yang lebih baik, karena kenikmatan dari titik semula.

Kita sering berada di titik yang baik. Titik yang okay. But, okay is not good, okay is not fantastic, okay is not great. Kita harus selalu berusaha melebihi limitation yang kita miliki. Itu terjadi pada tiap orang. Menurut saya, itu adalah hal yang wajar.

Seperti kata Billy McMahon (real name: Vince Vaughn) dalam film The Internship,

"We are all creatures of habit. We like what we know, there is no question about it. But, you know what the scariest thing in life is? The thing in life that frightens us the most? Change. I can't blame you for being a little afraid. Hell, we were scared for a long time out there, grinding it out. And Lord knows I've fallen on my ass more than a time or two. But, I promise you something. You lift your head up, and take a breath, there are a lot of great possibilities out there."

See?
Film dibuat karena ada sebuah inspirasi. Inspirasi muncul karena ada sebuah bukti. Jadi, pasti ada bukti bahwa keberhasilan dari semangat dan perjuangan untuk selalu lebih baik itu benar adanya.

Silakan mencoba. Hidup itu pilihan.
Ingin menjadi jelek, biasa saja, atau mengagumkan?

No comments:

Post a Comment