Thursday 10 October 2013

Kampusku Istanaku #bridgingcourse

Gedung Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) termasuk salah satu bangunan yang mudah dicari di Universitas Gadjah Mada (UGM). Letaknya yang sangat dekat dengan gedung pusat yaitu Gedung Rektorat dan Grha Sabha Pramana (GSP) memungkinkan bagi siapa saja untuk mencari Kampus FISIPOL dengan mudah. Sebenarnya, Kampus FISIPOL terdiri atas dua bangunan yaitu Kampus Bulaksumur dan Sekip. Tetapi sebagian besar jurusan di FISIPOL, termasuk Ilmu Komunikasi, sudah menempati bangunan baru yaitu Kampus Bulaksumur yang memiliki dua bagian utama yaitu Gedung BA dan Gedung BG, dan inilah yang akan saya bahas lebih lengkap dalam uraian di bawah ini.

Sedangkan Gedung BA adalah bangunan baru yang cukup luas dan megah. Di tengah-tengah Gedung BA, terdapat halaman yang ditumbuhi banyak pohon sehingga membuatnya terasa sejuk, tempat ini biasa disebut Sansiro. Pada bagian barat Sansiro dapat kita jumpai hall sangat luas yang biasa disebut Selasar Barat, di tempat inilah mahasiswa FISIPOL biasa berkumpul untuk mengadakan rapat atau sekedar nongkrong bersama. Sedangkan di sebelah selatan Sansiro terdapat Kantin FISIPOL yang teduh, sayangnya saat ini kantin tersebut sedang vakum dan belum dapat digunakan. Diatas kantin dapat kita jumpai Sekretariat Dewan Mahasiswa (DEMA) yang merupakan markas bagi berbagai UKMF di FISIPOL. Untuk bagian utara Sansiro adalah kelas-kelas yang biasa digunakan untuk proses perkuliahan. Gedung yang terdiri dari 5 lantai ini dilengkapi dengan fasilitas WiFi untuk memudahkan para mahasiswa mengakses informasi. Selain itu, basement yang luas digunakan sebagai parkiran motor hingga para penghuni Kampus FISIPOL tidak bingung lagi di mana harus memarkirkan motornya pada tempat yang aman dan teduh.

Pada saat peresmian Gedung BG, mulanya digunakan untuk kelas kuliah dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan FISIPOL. Gedung BG berada di sebelah tenggara Gedung BA, bersebelahan dengan Mushola FISIPOL. Pada lantai dasar Gedung BG terdapat sebuah hall yang biasanya disebut Selasar Timur, tempat ini dilengkapi dengan banyak kursi dan meja yang membuat mahasiswa menjadi nyaman untuk mengerjakan tugas di tempat tersebut. Walaupun Gedung BG tidaklah merupakan bangunan baru seperti halnya Gedung BA, namun tempat ini cukup nyaman bila digunakan untuk proses perkuliahan. Selain itu, di Gedung BG masih menggunakan kursi dan meja yang terbuat dari kayu sehingga lebih luas dan fleksibel.

Atmosfer di Gedung BA dan Gedung BG sangatlah menyenangkan karena tempat yang teduh dilengkapi dengan banyak pohon, ditambah lagi tingkah laku para mahasiswa yang menghiasi gedung tersebut. Di tempat-tempat seperti Selasar Barat dan Selasar Timur akan banyak kita jumpai mahasiswa-mahasiswa yang berkumpul dalam kelompok besar maupun kecil sedang melakukan diskusi ataupun hanya obrolan ringan dan candaan bersama, hal ini menambah keceriaan tersendiri di Kampus FISIPOL. Dari apa yang saya deskripsikan diatas, dapat disimpulkan bahwa Kampus FISIPOL adalah tempat yang sangat mendukung untuk proses perkuliahan. Itulah yang menyebabkan saya sangat menyukai kampus ini dan betah berlama-lama berada disini.

No comments:

Post a Comment