Wednesday 20 November 2013

Review: Politik Santun dalam Kartun #bridgingcourse

Judul Buku                : Politik Santun dalam Kartun
Kartunis                    : Muhammad Mice Misrad
Penulis Teks              : Ita Sembiring

Fenomena kehidupan politik Indonesia merupakan sasaran empuk untuk dibicarakan di berbagai media yang menampung aspirasi kritis masyarakat. Mice, yang karya kartunnya telah sering kita jumpai pada berbagai surat kabar Indonesia, mencoba menggambarkan potret “kehidupan” pemerintahan lewat buku kumpulan kartun Politik Santun dalam Kartun. Dikolaborasikan dengan teks yang dituliskan oleh Ita Sembiring, buku ini mampu membuat kita tertawa, meringis, hingga mengerutkan kening saat membacanya.

Menyajikan isu-isu hangat seputar rumah tangga pemerintah, buku ini mengangkat berita yang banyak dimuat di harian Rakyat Indonesia. Kumpulan kartun yang dihadirkan adalah gambaran sederhana untuk mengamati kasus dan sepak terjang para penguasa, sebut saja kasus Century yang melibatkan Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan kasus suap Wisma Atlet yang menjadikan M. Nazaruddin sebagai tumbal. Tak hanya kasus seputar anggota kabinet yang diparodikan, kartun ini juga  cukup berani mengkritisi cara kepemimpinan orang nomer satu di Indonesia. Sindiran yang terdengar satir dan menggelikan berhasil menyampaikan dengan baik kekurangan-kekurangan selama dua masa jabatan Presiden SBY.


Mice adalah kartunis kawakan yang mampu menghadirkan manis getir kehidupan dalam gambarnya. Meskipun terlihat apa adanya, inilah lukisan kepedulian terhadap kelangsungan kehidupan politik di Indonesia yang patut untuk direnungkan. Segala kekecewaan dan luapan emosi terhadap negeri ini berhasil dihadirkan dalam kemasan yang mengundang tawa. Untuk kesekian kalinya, Mice membuat kita kembali berpikir: sudah sejauh manakah negeri ini terpuruk?

No comments:

Post a Comment